Sunday, October 26, 2014

Perkembangan Komputer Saat Ini (Tugas PTKI A)

Komputer saat ini telah memasuki ranah hidup berbagai lapisan mayarakat dan menjadi bagian yang penting yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat masa kini. Komputer sendiri dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Dimulai dari komputer generasi pertama (1944-1959) yang merupakan jaman komputer
raksasa sebesar kamar tidur seperti Z3, Colossus, ENIAC, EDVAC, EDSAC, UNIVAC I hingga komputer generasi sekarang, yaitu generasi ke-lima yang ukurannya sudah relatif lebih kecil dan bahkan sudah bisa ditenteng kemana-mana.

Menurut saya perkembangan komputer beberapa tahun belakangan menjadi semakin pesat. Vendor atau penyedia baik itu hardware maupun software menjadikan ini sebagai lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Inovasi setiap harinya terus dimunculkan tanpa henti.

Para Vendor atau penyedia piranti komputer pun terus berinovasi agar komputer yang mereka buat laku di pasaran. Konsumen disuguhi komputer dengan harga terjangkau, grafis yang lebih bagus dan interface yang lebih mudah sehingga konsumen tidak merasa kesulitan untuk menggunakan komputer.

Inilah sisi positifnya. Semakin berkembangnya teknologi komputer, semakin mudah komputer menyentuh seluruh lapisan masyarakat, karena interface dan penggunaannya yang userfriendly. Harga yang murah dan terjagakau pun membuat masyarakat kelas menengah sudah bisa memiliki komputer sendiri (karena beberapa tahun kebelakang, sekitar tahun 90-an, hanya orang tertentulah yang bisa memiliki komputer). Dan semakin canggih komputer, maka pekerjaan dan waktu kita dalam bekerja menjadi lebih mudah dan efisien.

Namun, ada juga sisi negatif dalam kemajuan komputer yang semakin pesat. Harga yang terjangkau dan semakin inovatifnya suatu produk komputer memungkinkan masyarakat menjadi konsumtif. Masyarakat menjadi seperti haus akan teknologi yang semakin maju. Biaya pemeliharaan suatu komputer pun tidaklah murah, ini menjadi masalah tersendiri. Semakin pintarnya komputer yang dikarenakan semakin bertambahnya inovasi dari kalangan penyedia komputer, semakin membuat kita sebagai user malas. Kenapa malas? Karena komputer yang dilengkapi kecerdasan atau intelejensi seperti manusia malah membuat user menjadi malas berpikir dan menjadi bergantung pada komputer.

Kedepannya diharapkan kemajuan komputer selain berkembang menjadi alat yang semakin canggih juga bisa semakin berguna bagi user. Mungkin kedepannya komputer akan lebih efisien seperti di film-film fiksi Hollywood.

No comments:

Post a Comment