Tuesday, November 11, 2014

Peran Pemuda Dalam Membawa Nama Indonesia di Dunia Internasional (Ilmu Sosial Dasar 2)

Pemuda sejatimya memiliki banyak peran krusial dalam pembangunan di Indonesia. Baik buruknya suatu negara salah satunya dapat dilihat dari kualitas pemuda di negara itu sendiri. Pemuda yang berkualitas haruslah memiliki karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negara. Semakin banyak pemuda yang berkualitas, semakin negara itu dipandang oleh negara lain. Peran pemuda di Indonesia pun tak lepas dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Para pemuda pada saat itu ikut
berjuang untuk melepaskan Indonesia dari cengkeraman penjajah. Pemuda pada masa itu selalu ikut andil dan mempunyai peran strategis dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Rentetan sejarah yang panjang tentang pemuda di Indonesia diantara  Boedi Oetomo (20 Mei 1908) yang kemudian diperingati sebagai Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928), Proklamasi Kemerdekaan (17 Agustus 1945), transisi politik 1966, di mana para pemuda dan mahasiswa mempelopori sebuah perubahan politik yang dramatis, mengantarkan munculnya era Orde Baru yang tergabung dalam KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia), KAPPI (Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia), KASI (Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia), dan sebagainya, serta Gerakan Reformasi 1998 yang lumrah kita sebut Tragedi Semanggi (Berakhirnya rezim Soeharto).


Pemuda di masa kini setidaknya bisa berlega hati. Mereka sudah tidak perlu lagi berjuang melawan penjajahan Jepang maupun Belanda. Namun ketentraman hidup seperti itulah yang membuat pemuda menjadi merasa malas untuk berkontribusi secara aktif di Indonesia. Akibatnya dapat kita lihat semakin lama pemuda seperti tak memiliki banyak peran dalam pembangunan di Indonesia. Padahal, jika ditelisik lebih jauh, peran pemuda dalam pembangunan di Indonesia saat ini sangatlah banyak dan strategis. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi dan informasi di Indonesia, justru dapat semakin membantu peranan pemuda dalam memajukan Indonesia.


Pemuda di Indonesia masa kini pun semakin banyak dihadapi masalah. Pemuda dihadapi oleh derasnya arus globalisasi yang gencar. Banyak pemuda yang moralnya menjadi terperosok. Pemuda masa kini justru hidup dalam kehidupan hedonisme yang suka berhura-hura. Tak jarang pula kita dengar dari media massa pemuda yang tawuran antar sekolah, bullying, dan lain sebagainya.


Namun dibalik peliknya kompleksitas masalah yang dialami sebagian pemuda, masih ada pula sebagian pemuda yang ikut memajukan dan mengangkat nama Indonesia ke dunia Internasional. Banyak pemuda yang berprestasi di dunia internasional. Banyak cara yang bisa dilakukan pemuda, contohnya dengan mengiuti olimpiade baik di bidang akademik maupun di bidang olahraga, membuat penemuan yang menginspirasi, dan lain sebagainya.


Contoh yang membanggakan adalah kemenangan timnas U-19 di kancah internasianal yang membuat rakyat Indonesia patut berbangga. Seperti yang kita ketahui, U-19 yang merupakan kepanjangan dari Under 19, artinya para pemuda ini adalah pemuda yang berusia di bawah 19 tahun. Mereka adalah pemuda-pemuda luar biasa yang berjuang untuk membawa persepakbolaan Indonesia agar dilihat di mata Internasional. Dukungan pun terus berdatangan untuk mereka agar dapat terus berjuang karena merekalah yang akan menjadi penerus timnas senior Indonesia yang nantinya diharapkan akan membawa persepakbolaan Indonesia untuk bertanding di piala dunia.



Sumber:

https://www.facebook.com/GenerasiMudaAnakKalbar/posts/529380087091913
https://m.facebook.com/notes/rudin-saripi/revitalisasi-peran-pemuda-dalam-akselerasi-pembangunan-daerah/208780075813683/







No comments:

Post a Comment