Sunday, March 27, 2016

Web Science





Apa itu Web Science?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa itu Web Science atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesianya adalah Laman Sains atau secara harfiahnya bisa diartikan sebagai Ilmu Web. Sebelum
saya membahas apa itu Web Science ada baiknya kita lihat dulu pengertian Web Science yang saya dapat dari Wikipedia berikut ini:




Ilmu Web adalah studi sistem skala besar sosio-teknis, seperti World Wide Web. Mempertimbangkan hubungan antara manusia dan teknologi, cara bahwa masyarakat dan teknologi bekerjasama satu sama lain dan memiliki dampak yang lebih luas di masyarakat. Ilmu Web adalah dasar antar-disiplin dan menggabungkan penelitian dari disiplin ilmu yang beragam seperti sosiologi, ilmu komputer, ekonomi dan matematika.

Pengertian yang saya dapat dari Wikipedia di atas sebenarnya sudah menggambarkan secara garis besar apa itu web science. tapi bagi yang belum mengerti apa itu web science, yuk kita bahas satu persatu dimulai dari apa itu web, apa itu science, sehingga kita bisa mendapat apa arti web science itu. Check it out!

Webatau Website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. 

Sementara itu, Sains adalah berasal dari bahasa latin yaitu “scientia” yang artinya pengetahuan. Sains adalah aktivitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar mereka dan keinginan untuk memahami alam tersebut; serta keinginan untuk memanipulasi alam dalam rangka memuaskan keinginan atau kebutuhannya. Ruang lingkup sains terbatas pada berbagai hal yang dapat dipahami oleh indera (penglihatan, sentuhan, pendengaran, rabaan & pengecapan) atau dapat dibilang sains itu pengetahuan yang diperoleh melalui pembelajaran dan pembuktian.




Dari pengertian di atas, dapat di simpulkan bahwa pengertian Web Science sendiri adalah menggabungkan  disiplin ilmu dan web. Disiplin ilmu tersebut dapat diterapkan dalam web, begitu pula sebaliknya menerapkan web dalam sebuah disiplin ilmu, sehingga efisisensi sebuah web dapat dirasakan manfaatnya di dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali disiplin ilmu yang dapat diterapkan di dalam web seperti matematika, ekonomi, ilmu komputer dan lain sebagainya. Dari penggabungan antara web dan disiplin ilmu yang luas artinya inilah diharapkan web science dapat menjadi penjembatan hubungan antara manusia dan teknologi dan hasil kerjasama masyarakat dan teknologi dapat berdampak luas bagi masyarakat pula.



sumber:

http://www.proweb.co.id/articles/web_design/website_adalah.html
https://deceng.wordpress.com/2007/11/16/pandangan-ilmuwan/
https://en.wikipedia.org/wiki/Web_science
http://www.pengertianku.net/2015/01/pengertian-sains-secara-singkat-dan-jelas.html

No comments:

Post a Comment