Monday, May 16, 2016

Reaserch Gate

Hasil gambar untuk researchgate
Ketika dosen softskill memberi tugas untuk mengulas tentang ReaserchGate, saya pun bertanya-tanya, apa sih ReaserchGate itu? Kalau dari bahasa Inggrisnya dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, semuanya pasti tau kalau Researh itu artinya Penelitian, dan Gate artinya Gerbang. Yap,
sesuai dengan artinya, ReaserchGate adalah sebuah web site berjenis jejaring sosial yang mempertemukan para ilmuwan yang dibuat pada tahun 2008 dan telah digunakan oleh 1.400.000 ilmuwan di 196 negara. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat pengertian ResearchGate yang saya kutip dari Wikipedia:


ResearchGate adalah tempat berkumpulnya ilmuwan dari berbagai dunia dan dari berbagai disiplin ilmu yang ingin mempublikasikan penelitian, makalah, maupun penulisan ilmiah lainnya. Dibuat oleh Dr. Ijad Madisch, Sören Hofmayer dan Horst Fickenscher pada Mei 2008, situs web ini pun berkembang dengan sangat pesat.

ResearchGate ini juga tidak hanya berguna bagi para peneliti untuk mempublikasikan penelitiannya, tapi juga dapat digunakan para akademisi lain untuk mencari bahan referensi yang barangkali dapat digunakan sebagai bahan penelitian yang sedang ia lakukan. ResearchGate sangat membantu dan berguna untuk mencari sumber dan literatur yang tidak ada di perpustakaan. Saya sendiri sudah mendaftarkan diri di ResearhGate meskipun belum melakukan penelitian apapun, sebagai student.

Pada kesempatan kali ini juga saya akan mengulas tentang dua orang dosen yang sudah berkontribusi untuk mempublikasikan penelitiannya di Research Gate.

1. Rodiah

Bu Rodiah adalah dosen Algoritma dan Pemrograman 1B pada saat saya di semester 1. Beliau mengajarkan algoritma dengan bahasa pemrograman Java. Selama mengajar, beliau banyak bercerita tentang kegiatannya yang ikut beberapa proyek pemerintahan, utamanya yang saya tahu di bidang kesehatan. Saya pun menelusuri akun Bu Rodiah dengan kata kunci Rodiah dan saya menemukan akun ResearchGate Rodiah Rodiah


Dapat kita lihat profil singkat dari Bu Rodiah yang merupakan Lecturer atau Dosen dari Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma.Beliau telah mempublikasikan 11 penelitian dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dengan jumlah pembaca 51. 


2. Eri Prasetyo Wibowo

Pak Eri adalah dosen softskill dalam mata kuliah Pengantar Web Science saat ini (semester 4). Beliau juga aktif dalam melakukan penelitian dan mempublikasikan penelitiannya tersebut di ReaserchGate. Hingga saat ini tercatat beliau telah melakukan 30 publikasi baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia dan telah dibaca oleh 1.21k (1.210) pembaca. Jumlah yang sangat banyak.


Berikut perbandingan data statistik per 27 Maret 2016 hingga 15 Mei 2016



ResearchGate : Rodiah Rodiah

ResearchGate : Eri Prasetyo

Detail Statistik darimana pembaca berasal

ResearchGate : Rodiah Rodiah

ResearchGate : Eri Prasetyo

Reads Breakdown

ResearchGate : Rodiah Rodiah
ResearchGate : Eri Prasetyo

Sekian ulasan tentang ResearchGate dari saya. Bagi anda yang sedang dalam penelitian atau ingin membuat penelitian (untuk PI atau skripsi misalnya) tidak ada salahnya untuk memanfaatkan situs ResearchGate ini, dan untuk mendaftar 100% gratis tidak dipungut biaya apapun. Dan bagi anda yang memiliki penelitian, bisa untuk mempublikasikan penelitian yang anda miliki di ResearchGate ini agar ilmu yang anda miliki dapat berguna bagi sesama. Gunakan bahan penelitian ini secara bijak dengan tidak men-copy-paste-kan tulisan peneliti asli ke penulisan anda (jika anda sedang melakukan penelitian) karena selain anda telah melakukan plagiarism anda juga tidak menghargai peneliti yang telah bersusah payah membuat penelitian dan menuliskannya serta berbaik hati mempublikasikan tulisan mereka (dan tulisan yang telah mereka publikasikan dapat di-download sehingga dapat dibaca secara offline)



Sumber:

https://www.researchgate.net
https://id.wikipedia.org/wiki/ResearchGate

No comments:

Post a Comment