Monday, May 16, 2016

Seminar CompFest 8 : OrganizeIT


Hari Jum'at lalu, tanggal 13 Mei 2016, saya dan teman saya Rina Hafizah menghadiri seminar bertajuk "OrganizeIT" (dibaca organize "it" bukan "aiti", hehe) yaitu seminar yang membahas tentang Digital Marketing dengan judul "Propelling Your Organization through Digital Marketing".
Seminar ini diselenggarakan oleh mahasiswa UI dan dengan pembicara Rahmat Harlyadi, VP Marketing & Business Development DailySocial.id. Seminar yang sebagian besar membahas tentang bagaimana cara memanfaatkan kemajuan internet untuk kepentingan marketing ini cukup meriah dan diikuti oleh berbagai kalangan yang ingin tahu bagaimana cara memaksimalkan usaha yang mereka miliki dengan Digital Marketing

Acara dibuka dengan sambutan-sambutan dari penyelenggara acara, yaitu mahasiswa Universitas Indonesia, kemudian langsung dilanjutkan oleh Rahmat Harlyadi selaku pembicara. Seperti sminar pada umumnya, pak Rahmat memperkenalkan dirinya terlebih dahulu sebagai seorang VP Marketing & Business Development di DailySocial.id, kemudian dilanjutkan dengan pengertian apa itu digital, apa itu marketing dan apa itu digital marketing.

Pak Rahmat, selaku pembicara menceritakan bahwa dulu teknogi dicap hanya dimiliki oleh orang yang dicap "Nerd" atau "Geek" namun sekarang teknologi sudah bisa dimiliki oleh semua kalangan, bahkan penggunaannya mencakup berbagai macam lini kehidupan manusia modern saat ini.

Beberapa materi yang dibawakan oleh pak Rahmat adalah:


  • What is digital marketing & the importance of it, yaitu seperti telah saya jelaskan di atas
  • The Hots and Nots on digital marketing nowadays, yaitu hal yang menjadi hangat saat ini dan hal yang tidak boleh dilakukan pada digital marketing
dan masih banyak lagi yang tidak sempat saya catat.

Dan dari beberapa hal yang saya catat adalah bahwa kita dapat memaksimalkan penggunaan media sosial yang kita gunakan sehari-hari, seperti facebook, twitter, instagram. Dan untuk aplikasi chatting kita dapat menggunakan aplikasi seperti bbm, whatsapp, line, dll. Pada seminar itu juga dibahas mengenai kecenderungan orang Indonesia yang cenderung masih lebih suka memakai facebook sebagai media jejaring sosial dan whatsapp sebagai aplikasi chatting sehingga kita sebagai seorang "penjual" dapat mengoptimalkan aplikasi dan jejaring sosial tersebut yang sering kita gunakan sehari-hari.

Selain itu dalam marketing juga penting kekuatan story telling, yaitu menceritakan, penyampaian produk yang kita miliki dengan mengemasnya ke dalam sebuah cerita yang dibuat semenarik mungkin. Rata-rata orang Indonesia suka membuka sebuah website yang mengandung judul provokatif. Contohnya seorang penjual mengirimkan pesan/e-mail dengan nama Bob Marley dan judul "GANJA", orang akan tertarik untuk mengetahui lebih jauh apa yang ada di dalam pesan tersebut, karena mereka berpikir Bob Marley sudah meninggal dan kenapa malah menjual ganja yang sudah jelas dilarang oleh negara. 

Namun ternyata itu adalah sebuah strategi pemasaran, dia sebenarnya tidak menjual ganja, dan dari habit Bob Marley yang suka merokok dan berpenampilan layaknya anak reggae jaman sekarang, maka cukup untuk menarik perhatian para penikmat musik reggae.

Selain itu banyak juga contoh endorse, dengan menggaet artis dan memasang foto artis tersebut beserta produk mereka dan memasanganya di media sosial seperti facebook atau instagram, cara ini cukup efektif.

Demikian rangkaian acara seminar yang saya ikuti dalam grand launching CompFest 8 yang diselenggarakan mahasiswa Fasilkom UI, Selain mengikuti seminar, banyak juga rangkaian acara lain yang diselenggarakan kampus lain seperti PNJ dan Binus yang memamerkan hasil karya mereka di bidang teknologi, serta beberapa perusahaan seperti logitech dan Shinta VR yang menyediakan game untuk dimainkan para pengunjung yang hadir.

Beberapa foto;


Pembelian Tiket (sebenernya gratis sih, hehe)
sebelum acara di mulai di Aula Fasilkom UI

selfie sama Rina

Rahmat Harlyadi selaku pembicara


No comments:

Post a Comment