Saturday, June 18, 2016

4ICU (4International Colleges and Universities)



4International Colleges and Universities atau lebih kita kenal dengan sebutan singkat 4ICU adalah suatu university web ranking (website yang menyediakan peringkat universitas) atau search engine dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh
11.000 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara.

4ICU ini menampilkan peringkat perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dari berbagai negara -termasuk Indonesia- dan cara pencariannya pun cukup mudah dengan menyaring memilih university by country, jika ingin mengetahui urutan universitas terbaik di suatu negara, atau kita juga bisa melihat urutan universitas terbaik yang ada di dunia, versi 4ICU tentunya, karena ternyata tidak hanya 4ICU saja lembaga yang melakukan penilaian terhadap perguruan tinggi di berbagai negara, ada juga beberapa lembaga yang melakukan hal yang sama namun mungkin parameter standar pengukurannya berbeda-beda satu sama lain. Beberapa contoh lembaga pengukur peringkat universitas tersebut adalah Academic Ranking of World Universities, Webometrics, dan lain sebagainya.

Menurut informasi yang saya terjemahkan di situs 4icu.org:

 Direktori 4icu.org termasuk organisasi pendidikan di seluruh dunia yang lebih tinggi yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  1. Secara resmi telah diakui, memiliki izin atau diakreditasi oleh badan nasional atau regional seperti kementerian pendidikan dan / atau organisasi akreditasi pendidikan tinggi yang diakui 
  2. Secara resmi berhak memberi gelar sarjana empat tahun dan / atau derajat pascasarjana
  3. Menyediakan fasilitas belajar tradisional secara tatap muka, program dan kursus.
Direktori 4icu.org saat ini tidak termasuk:
  1. Lembaga pemberi gelar dua tahun seperti Perguruan Tinggi Komunitas, Sekolah Tinggi Kejuruan, Pelatihan Sekolah Tinggi dll
  2. Organisasi yang hanya memberikan pembelajaran jarak jauh
  3. Organisasi pendidikan tinggi lainnya yang tidak memenuhi persyaratan di atas
Untuk memastikan kualitas daftar direktori, 4icu.org tidak berpartisipasi dalam pertukaran link atau menyertakan sumber afiliasi dalam direktori. Semua profil Universitas dan Perguruan tinggi termasuk dan diperbarui secara gratis.
Metodologi yang digunakan 4icu sebagai parameter acuan untuk menilai peringkat web sebuah universitas

Universitas dan perguruan tinggi dinilai secara eksklusif oleh 4icu. Peringkat-peringkat tersebut telah terpublikasi sejak tahun 2005. Sejak saat itu metodologi penilaian semakin disempurnakan secara berkala agar mendapat hasil yang lebih baik.

4icu tidak memberitahukan bagaimana cara penilaian karena dengan demikian mungkin saja data-datanya dapat dimanipulasi sehingga peringkat universitas tersebut dapat menjadi lebih tinggi. Namun 4icu hanya memberikan paramater acuannya saja.

Peringkat saat ini didasarkan pada algoritma termasuk empat objektif dan independen web metric diekstrak dari tiga mesin pencari yang berbeda:


  • Google Page Rank, berdasarkan rangking pada laman google
  • Alexa Global Rank, 
  • Majestic Referring Subnets 
  • Majestic Trust Flow

Metrik web data dikumpulkan pada minggu yang sama untuk meminimalkan fluktuasi atau gejolah sementara dan memaksimalkan perbandingan. Sebuah filter pra-komputasi diadopsi untuk mendeteksi pencilan dalam data mentah. Penyelidikan lebih lanjut dan kajian data Alexa Traffic Rank dilakukan untuk universitas yang mengadopsi subdomain (sangat tidak disarankan) sebagai home page resmi kelembagaan mereka.

Tujuan dari situs ini adalah untuk memberikan ranking popularitas perkiraan Universitas dunia dan perguruan tinggi berdasarkan popularitas situs Web mereka. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa internasional dan staf akademik untuk memahami bagaimana kepopuleran Universitas / Perguruan tinggi tertentu di negara asing.

Bagaimanapun, 4icu sangat berguna untuk calon mahasiswa untuk menentukan universitas pilihan mereka. Semakin bagus peringkat universitas atau perguruan tinggi tersebut di 4icu, semakin bergengsilah ia. Karena seperti telah dijelaskan di atas, 4icu merupakan lembaga peringkat kelas internasional.

Berikut beberapa peringgkat perguruan tinggi terbaik 2016 versi 4icu di Indonesia:



Hufftt... tahun ini sepertinya Universitas Gunadarma harus puas bertengger pada peringkat 11 (namun masih merupakan perguruan tinggi swasta terbaik).



Sumber:

diterjemahkan dari http://www.4icu.org/

No comments:

Post a Comment