Saturday, June 18, 2016

Webometrics



Webometrics adalah salah satu perangkat atau sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui Website universitas tersebut.


Tentang Webometrics

The "Webometrics Ranking of World Universities" atau "Peringkat Universitas Dunia Webometrics" adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol.

CSIC merupakan salah satu organisasi penelitian dasar pertama di Eropa. CSIC berdiri pada tahun 2006 dari 126 pusat-pusat dan lembaga yang didistribusikan di seluruh Spanyol.

Laboratorium ini terletak di Centro de Ciencias Humanas y Sociales (CCHS). Pusat ini dimulai pada tahun 2007 dan berasal dari penggabungan dalam satu tempat pusat yang berbeda dan lembaga yang ditujukan untuk Ilmu Sosial dan Kemanusiaan yang dimiliki CSIC dan terletak di Madrid.

Cybermetrics Lab, bagian dari CCHS - CSIC, dikhususkan untuk analisis kuantitatif dari isi Internet dan Web khusus yang berkaitan dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah. Ini adalah disiplin yang muncul baru yang telah disebut Cybermetrics (tim kami mengembangkan dan menerbitkan jurnal elektronik gratis Cybermetrics sejak tahun 1997) atau Webometrics.

Cybermetrics Lab menggunakan metode kuantitatif telah dirancang dan diterapkan indikator yang memungkinkan kita untuk mengukur kegiatan ilmiah di Web. Indikator cybermetric berguna untuk mengevaluasi ilmu pengetahuan dan teknologi dan mereka adalah pelengkap sempurna untuk hasil yang diperoleh dengan metode bibliometrik dalam studi scientometric.

Daerah khusus penelitian meliputi:


  • Pengembangan indikator Web untuk diterapkan pada daerah dari Spanyol, Eropa, Amerika Latin dan Dunia R & D
  • penelitian kuantitatif tentang komunikasi ilmiah melalui jurnal elektronik dan repositori, dan dampak dari inisiatif akses Terbuka.
  • Pengembangan indikator tentang sumber daya dalam Masyarakat Informasi
  • Indikator dan jaringan sosial visualisasi di Web dengan antarmuka grafis ramah, dinamis dan interaktif
  • Desain dan evaluasi documental teknik analisis sumber daya Web
  • Studi Genre diterapkan pada aktivitas sarjana di Web
  • Pengembangan teknik Cybermetrics diterapkan berdasarkan posisi di search engine domain Web
  • Analisis penggunaan informasi melalui penggalian data Web dari file log


Web Ranking atau Webometrics adalah peringkat akademis terbesar dari Lembaga Pendidikan Tinggi. Sejak tahun 2004 dan setiap enam bulan percobaan ilmiah yang independen, objektif, bebas, terbuka dilakukan oleh Cybermetrics Lab (Spanyol National Research Council, CSIC) untuk menyediakan informasi handal, multidimensi, up-to-date dan berguna tentang kinerja perguruan tinggi dari seluruh dunia berdasarkan kehadiran web mereka dan dampaknya.


Webometrics memiliki empat indikator penilaian yakni size atau ukuran keterjangkauan, yakni jumlah halaman web yang dapat dijangkau oleh empat mensin pencari seperti Google, Yahoo, Live Search, dan Exalead.

Sama seperti yang saya bahas sebelumnya tentang 4icu, webometrics juga dapat dijadikan sebagai parameter bergengsinya sebuah universitas atau perguruan tinggi dan dapat dijadikan pertimbangan bagi calon mahasiswa baru yang mungkin sedang mencari universitas idaman.

Intinya, untuk mendapat peringkat bagus dalam webometrics dapat dilakukan sebuah cara: yaitu meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) dengan cara me-link sebanyak-banyaknya situs untuk diarahkan pada website universitas tersebut.

Peringkat beberapa universitas di Indonesia:




Sayangnya Universitas Gunadarma bahkan tidak masuk dalam 20 besar Universitas terbaik se-Indonesia menurut webometrics, dan juga tidak menjadi perguruan tinggi swasta terbaik. Namun ternyata posisi kampus kita tercinta ada di posisi ke
.
.
.

... 45

Mungkin tahun depan bisa ditingkatkan lagi ya, well, semangat Gunadarma!



sumber:

diterjemahkan dari http://www.webometrics.info/
http://www.webometrics.info/en/asia/indonesia

No comments:

Post a Comment